Kamis, 16 April 2009

Sepuluh Kiat mengatasi masalah :

1. Hadapilah setiap masalah yang datang dengan penuh keberanian. Hindari kebiasan melarikan diri dari masalah karena itu hanya mendidik anda menjadi penakut dan pengecut.ingatlah bahwa masalah adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan.hanya orang yg sudah bersembunyi di balik batu nisanlah yg terbebas dari masalah kehidupan.

2. Bersikaplah tenang ketika menghadapi masalah. Jangan panik, emosional dan hilang kendali. Percalalah bahwa Tuhan sudah melengkapi anda dg kemampuan untuk menghadapi.


3. Percayalah bahwa untuk setiap masalah selalu ada jalan keluarnya. Tanamkan kepercayaan yang positif ini dalam-dalam, sehingga Anda tidak diliputi keraguan dan kebimbangan. Sikap ini tidak membuat masalah menjadi hilang, namun bisa membuat Anda lebih efektif dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.

4. Lihatlah masalah secara proporsional. Jangan biarkan pikiran negatif membuat masalah tampak lebih besar dan lebih menakutkan. Anggap saja masalah itu seperti sebuah gunung yang akan Anda taklukkan, Anda tidak perlu gentar pada kebesarannya dan ketinggiannya. Anda melihat sebagai suatu objek yang bisa Anda taklukkan meskipun harus melewati banyak rintangan.


5. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Misalnya, Anda akan dioperasi, tidak ada salahnya Anda mencari info tentang penyakit yang Anda derita itu sehingga Anda tidak gentar lagi dan langkah Anda mantap untuk menghadapinya.

6. Ketika menghadapi jalan buntu dan Anda merasa tidak bisa menyelesaikannya sendiri, tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain. Temuilah orang yang benar-benar tepat. Mungkin yang mau mendengarkan keluhan Anda, berbagi pengalaman atau yang dapat menunjukkan jalan keluar. Bila diperlukan Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog.


7. Sementara masalah Anda masih dalam proses menuju penyelesaian, bersabarlah. Banyak masalah yang perlu waktu cukup panjang untuk penyelesaiannya. “Kesabaran itu pahit, namun manis buahnya”.

8. Perhatikan diri Anda. Jangan terlalu hanyut dalam masalah sehingga diri Anda terabaikan. Peliharalah diri Anda dan lakukan aktifitas yang menyenangkan. Dengan kondisi yang baik, Anda akan lebih kuat dalam mengatasi masalah. Ingatkan selalu diri Anda bahwa masalah apapun yang Anda hadapi, Live still goes on, Kehidupan masih berjalan terus.




9. Ambil hikmah dari setiap masalah yang Anda hadapi. Meski berwajah buruk, masalah biasanya mengandung berkah terselubung, blessing in disguise. Jangan biarkan masalah atau krisis tanpa ada pelajaran berharga yang dipetik. Telah terbukti, masalah yang mereka alami telah mengubah hidup mereka menjadi lebih baik, lebih bikjak dan lebih berhasil.

10. Mengadulah kepada Tuhan sebagai sumber pertolongan. Ungkapkan masalah kepada-Nya sambil meminta kekeuatan dan Penunjuk-Nya. Berdo’alah, : “Tuhan, berilah aku kebernian untuk mengubah apa yang bisa diubah. Berilah aku ketabahan untuk menerima apa yang tidak bisa diubah. Dan berilah kebijakan untuk bisa membedakan keduanya”.

Tidak ada komentar: