Minggu, 03 Mei 2009

Membangun jiwa yang berkarakter

Kriteria Bersaing di Dunia Kerja

Karakter seperti apa yang dinilai PENTING oleh Dunia Kerja..? inilah rangking 10 karakter dalam Era Globalisasi:
1. Mau bekerja keras.
2. Kepercayaan diri tinggi.
3. Mempunyai Visi kedepan.
4. Bisa bekerja dalam Tim.
5. Memiliki kepercayaan matang.
6. Mampu berpikir analitis.
7. Mudah beradaptasi.
8. Mampu bekerja dalam tekanan.
9. Cakap berbahasa Inggris.
10. Mampu mengorganisasi pekerjaan .

Ini beberapa points dari kriteria yang bisa menaikkan prestasi di dunia kerja. Perkembangan teknologi yang pesat ditambah populasi jumlah penduduk tidak diimbangi dengan penyediaan lapangan kerja memadai, membuat persaingan didunia kerja dan lahan bisnis begitu ketat. Dibutuhkan individu-individu yang berkualitas agar mampu bersaing dan unggul di era globalisasi. Mau ataupun tidak kita tetap termasuk dari bagian persaingan bebas, dan pada akhirnya kita harus mampu memenagkan persaingan .


Ciri-Ciri Orang Kreatif

1. Kuatnya motivasi untuk berprestasi. Sangat bergairah untuk meningkatkan dan memenuhi standart keunggulan. Menetapkan sasaran yang menantang dan berani mengambil resiko yang diperhitungkan . Mencari informasi optimal untuk mengurangi ketidakpastian, dengan cara mencari alternatif yang terbaik, tekun belajar untuk meningkatkan kinerja.
2. Orang penuh komitmen yaitu setia pada visi dan sasaran yang hendak dicapai,baik baik misi pribadi ,kelompok ataupun perusahaan. Mempunyai prinsip yang kuat dan disiplin pribadi yang bernilai tinggi. Sehingga royal terhadap visi dan misi yang diemban demi kepentingan yang lebih luhur. Tidak royal pada orang-orang tertentu.
3. Mempunyai Inisiatif dan Optimisme yang unggul . Dua kecakapan kembar yang menggerakan naluri seseorang untuk menangkap peluang yang ada. Otaknya berfikir, nalurinya tajam melihat perubahan dan perkembangan yang ada serta anggota tubuh selalu bergerak agar resiten terhadap gejolak yang ada di sekitar lingkungan. Sehingga antisipasi kegagalan dapat dilakukan sedini mungkin.
4. Orang yang kreatif berfikir divergen. Melihat sesuatu dibalik yang tampak, tidak mudah hanyut terpegaruh keadaan. Karena itu mampu berfikir abstrak( abstraktif thinking).
5. Orang kreatif membiasakan mencari alternatif-alternatif . Melakukan kegiatan mental yang bersikap perenungan , mencari jawaban dan jalan keluar dari masalah-masalah secara terus-menerus, untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dari kondisi yang ada. tak ingin berhenti pada suatu kondisi yang permanen dan kemapanan yang telah ia raih.


Karakteristik Kreatif


Beberapa tahapan untuk mencapai karakteristik sebagai orang yang kreatif yang perlu pertimbangkan dalam pengembangan daya kreatifitas sebagai berikut :

1. Keterbukaan atau transparansi.
Kemampuan untuk mendengar sehingga menerima segala inspirasi baru. Untuk itu diperlukan kecakapan untuk mengendalikan pembicaraan dan komunikasi yang baik . Rendah hati dalam menerima pendapat (mampu memposisikan diri menjadi good listener).

2. pengendapan.
Sebagai akibat dari sikap transparansi tadi akan merangsang alam bawah sadar kita untuk meneliti kekayaan dan keyakinan bathinyang lebih kuat dan medalam . Sehingga kemampuan untuk menyerap mengembangkan nilai estetika yang akan disampaikan.

3. Reproduksi .
Kemampuan untuk mengumpulkan dan mengolah data-data yang ada , sehingga mampu menyempurnakan hasil yang lebih orisinil dan bermutu. untuk mencapai tingkat ini diperlukan kecakapan mengolah data dengan metode yang telah berkembang , baik metode ilmiah ataupun metode terapan.

4. Evaluasi.
Kemampuan untuk memanggil batinnya (good mood ) untuk menyempurnakan ekspresi dan lmajinasi yang telah tertuang dalam karya yang nyata. Meneliti dan mengkaji ulang secara terus menerus untuk mendapatkan inovasi yang mungkin dapat dikembangkan.

5.Pengembangan diri.
jiwa yang memiliki keharuan (novelty) untuk menghayati karya cipta . mampu membaca secara psikologi dari sebuah karya cipta yang berkualitas tanpa mengesampingkan ciri-ciri asli dari sebuah temuan baru.
Arti Pentingnya Waktu

Waktu ibarat sehelai kertas kehidupan yang harus dilukiskan dengan kata ditulis dengan deretan kalimat, kerja dan prestasi ( kreasi nyata yang bernilai ). Waktu yang berlalu tak akan pernah kembali, tiap detik adalah bernilai emas, tiap saat berkreasi untuk menghasilkan ssesuatu yang lebih baik kalau bisa yang terbaik. Agar mampu mencapai puncak prestasi.

Waktu yang berlalu adalah masa lampau, sedang masa lampau adalah sesuatu yang paling jauh dengan kita karena tak mungkin terulang lagi. Efisiensi waktu untuk mencapai tujuan lebih penting . Dalam keseharianya kegiatan apa yang kita selesaikan untuk menyempurnakan kekurangan hari kemarin. Maka dalam satu tahun bisa menulis hal yang pernah kita lakukan sekaligus mengoreksi kesalahan dan kelemahan masa lampau.

Dalam kurun waktu satu tahun kita bisa menyelesaikan satu jilid buku yang bertemakan dan berjudul tentang pribadi masing-masing. Buku 1 jilid itu terdiri dari :
A. 12 bab, tiap bulan 1 bab )
B. 1 bab terdapat kurang lebih 30 halaman
C. 1 halaman terdapat minimal 20 baris
D. 1 tahun terdapat 365 halaman
Jadi tiap tahun bisa menulis sebanyak 365 x 20=7.300 baris,
tiap baris terdiri dari 10 kata maka total tulisan pertahun adalah 73.000 kata. Suatu jumlah yang signifikan yang bisa berisikan tentang pengalaman:
~ membaca dan mempelajari suatu tema.
~ kerjasama dan persaingan bisnis.
~ seminar, dialog, diskusi problem pribadi, sosial atau keagamaan.
~ pengamatan momen - momen yang terjadi disekitar kita.
Atau kita bermalas - malasan dan sakit - sakitan tanpa ada yang dapat kita lakukan untuk keluarga, teman , tetangga dan lingkungan yang lebih luas. Hanya memikirkan kepentingan pribadi , egois serta menurut ambisi pribadinya. Tanpa mau memikirkan bagaimana bisa berbuat dan mempersembahkan yang terbaik bagi orang lain apalagi untuk agama dan bangsa ini yang membutuhkan manusia - manusia berkualitas ,tangguh dan tabah dengan ujian serta musibah yang silih berganti menimpa bumi kita.
Menambah Daya Kreatif dan Inovasi

Hal- hal positif yang dapat mempengaruhi daya kreatif dan inovasi seseorang di era globalisasi:
1. Banyak membaca dan menulis .
Milikilah perpustakan pribadi di rumah, walaupun banyak membutuhkan biaya tapi yakinlah bahwa memiliki dan membaca buku banyak faedah dan manfaatnya. Sehingga tiada hari tanpa membaca .
2. Banyak diskusi dan bertanya.
Cari dan miliki teman dari perbagai disiplin keilmuan,banyak bergaul dengan mereka . Ajak mereka untuk berdialog tentang suatu permasalahan yang sesuai dengan bidang yang mereka kuasai, Sehingga anda mendapat nilai -nilai baru dan unggul dari mereka. Terus dapatkan dan cari masukan pada hal-hal yang berguna bagi perbendaharaan ide-ide yang sedang dirintis dan anda cita-citakan.
3. Banyak studi banding .
Dengan mengunjungi tempat-tempat baru untuk menambah wawasan dan inspirasi baru. Dengan mangikuti seminar,Pelatihan ataupun kajian sebagai sarana pembelajaran. Inspirasi penting bagi menemukan dan membuka visi baru yang lebih mapan dan mantap.
4. Banyak merenung (tafakur ).
Bangun ditengah malam lalu berwudhu , basuhlah anggota badan sesuai dengan tatacara berwudhu yang benar, sholat dan dzikir serta berdo`a agar memperoleh pengampunan dari dosa-dosa yang bisa menutup mata hati kita. Berdo`alah agar mendapat petunjuk menemukan jati diri yang hilang , sehingga terbuka pikiran kita untuk menggali ide-ide dan inspirasi yang masih ghoib karena kita tak pernah mencari dan meminta dengan sepenuh hati kepada Sang Maha Pencipta. Apa yang kita inginkan harus sesuai dengan pola berpikir dan perbuatan sehari- hari tidak bertolak belakang dengan hukum-hukum ILAHI.

Prinsip- Prinsip Melayani

Prinsip yang perlu diterapkan ketika seseorang menjadi pengusaha terutama dalam masalah pelayanan terhadap mum atau public, yang sangat sensitif karena menyangkut karakter dan perwatakan makhluk sosial yang beraneka ragam. Prinsip- prinsip melayani tersebut antara lain :
1. Harus ada rasa cinta dan semangat untuk melayani . memunculkan nilai-nilai kemanusiaan sehingga orang yang kita layani puas dan suatu saat membutuhkan kita kita lagi , tanpa kita sadari telah membentuk pelanggan yang pada akhirnya menguntungkan usaha.
2. Memberi dahulu dan anda akan menerima. orang yang mendapat pelayanan baik tentu akan mengingat kepuasan tersebut , kemudian ia akan memberi timbal balik yang lebih karena kepuasan pelayanan.taau dengan istilah ROSE ( Return On Service Excellent ).
3. Mengerti orang lain dulu sebelum anda melayani . kita pahami dulu karakter seseorang sambil kita beri pengertian tentang barang- barang atau jasa yang kita tawarkan.
4. Bahagiakan dan beri kepuasan orang lain dulu kelak akan menerima kebahagian dan kepuasan yang diharapkan.
5. Menghargai orang lain dulu sebagaimana anda ingin dihargai.
6. Lakukan empati yang sangat mendalam dan tumbuhkan sinergi . Sehingga akan berkesan dan membekas pada pikiran orang yang kita layani.

Tidak ada komentar: