Kamis, 16 April 2009

DELAPAN ETOS PENDONGKRAK GAIRAH KERJA :

1. Kerja Adalah Rahmat
Apapun pekerjaan Anda, mahasiswa, dosen, pegawai, karyawan, ataupun pengusaha sampai buruh kasar adalah rahmat dari Tuhan. Jadikanlah pekerjaan Anda rahmat yang tak ternilai harganya seperti halnya menghirup oksigen tanpa syarat.
Bakat dan kecerdasan yang memungkinkan kita bekerja adalah rahmat.

2. Kerja adalah Amanah
Apapun pekerjaan kita, siapapun latar belakang kita, apa yang kita lakukan itu adalah sebuah amanah yang harus diemban. Etos ini bisa membuat kita bekerja sepenuh hati dan menjauhi tindakan tercela dan ini ini dilandasi prinsip keikhlasan.

3. Kerja adalah Panggilan
Apapun profesi kita, semua itu adalah darma. Seperti seorang guru, memiliki panggilan / darma untuk memberi ilmu, seorang da’I berkewajiban untuk memberi dakwah, seorang mahasiswa memiliki darma kepada masyarakat, seorang penulis memliki tanggung jawab untuk menyebarkan informasi. Prinsipnya ; “I am doing my best “. Jadi kita tidak akan merasa puas jika hasilnya kurang baik dan selalu berusaha untuk memperbaiki diri.

4. Kerja adalah Aktualisasi
Apa pun pekerjaan kita, itu semua adalah bentuk aktualisasi diri. Meski jadang itu melelahkan, bekerja merupakan cara terbaik untuk mengembangkan potensi diri dan membuat kita merasa “ada”. Bagaimanapun sibuk bekerja jauh lebih menyenangkan dari pada duduk bengong tanpa pekerjaan.
Secara alami, aktualisasi diri bagian dari kebutuhan psikologis sosial manusia.

5. Kerja adalah Ibadah
Tak peduli apapun kepercayaan kita, semua pekerjaan yang halal merupakan ibadah. Kesadaran ini akan membuat kita bekerja secara ikhlas, bukan demi mencari uang atau jabatan semata.

6. Kerja adalah Seni
Apa pun pekerjaan kita, bahkan seorang penelitipun semua adalah seni. Pekerjaan ini membuat kita enjoy seperti kita melakukan hobi
Antusias kunci semangat dalam bekerja. Jadi semua jenis kerja adalah seni

7. Kerja adalah Kehormatan
Seremeh apapun pekerjaan itu, itu adalah sebuah kehormatan. Jika bisa menjaga kehormatan dengan baik, maka kehormayan lain yang lebih besar akan datang

8. Kerja adalah Pelayanan
Apapun pekerjaan kita, polisi, pedagang, bahkan penjaga mercu suar semuanya bisa dimaknai sebagi pengabdian kepada sesama. Jadi dengan kerja kita bisa menjadi rahmat bagi sekeliling kita yang diistilahkan rahmatan lil alamin (rahmat bagi sesama)

Tidak ada komentar: