Kamis, 16 April 2009

Belajar lebih cerdas bukan lebih keras :

1. Belajarlah sambil mendengarkan musik.
Berbagai penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan adanya hubungan antara pengaruh musik dengan peningkatan prestasi belajar. Musik membuat kamu “mengalir”dan merangsang pikiran untuk berkosentrasi pada apa yang sedang kamu kerjakan. Idealnya kamu mendengarkan musik klasik atau instrumentalia. Tapi kalau kamu tidak bisa menikmatinya, putarlah musik kesukaanmu.

2. Ciptakan suasana ruang belajarmu senyaman mungkin
Ini bertujuan supaya kamu betah berada disana. Kalau memungkinkan, hiasilah dengan gambar-gambar pilihan atau dengan kata yang bisa memberi motivasi. Boleh juga menggantungkan poster idolamu, photo kekasihmu, atau piagam penghargaan yang pernah kamu raih. Perhatikan juga ventilasiudara agar tidak merasa kepanasan atau kedinginan. Aturlah penerangan sedemikian rupa sesuai dengan keperluan, tidak terlalu redup dan tidak terlalu menyilaukan.

3. Aturlah waktu belajarmu seefisien mungkin.
Biasakanlah untuk belajar setiap hari pada jadwal yang sudah ditetapkan. Hindari kebiasaan menumpuk tugas yang perlu dikerjakan. Hentikanlah kebiasaan sistem kebut semalam. Cara belajar seperti itu akan membentuk kamu menjadi pribadi yang perlu ditekan untuk bergerak. Pola ini akan berlanjut ketika kamu akan memasuki dunia kerja dan bisa menghambat peningkatan karirmu kelak.


4. Belajarlah dengan Aktif.
Jangan puas hanya menjadi pelajar atau mahasiswa yang teoritis saja. Hasil belajarmu akan lebih optimal kalau kamu belajar sambil mempraktekkan apa yang telah dipelajari. Sistem belajar sambil praktek sudah terbukti berhasil diterapkan dalam banyak pendidikan informal seperti kursus memasak, kursus Bahasa Inggris, Jepang, dll. Dan in juga berlaku di bidang apapun ternmasuk berbicara di depan umum, dansa, bernagng, dan sebagainya.

5. Belajarlah dengan minat yang besar
Ini agar kualitas dan hasil belajar lebih optimal. Dengan minat yang tinggi, kamu akan bersemangat menggali berbagai sumber informasi yang berhubungan dengan materi yang dipelajari. Makanya, lebih baik belajar sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki. Kadang-kadang minat juga muncul dari penyesuaian diri dan pengenalan yang lebih dalam pada bidang yang masih asing bagimu.

6. Pelajarilah Teknik Belajar yang efektif
Ini agar kamu bisa belajar dengan waktu yang relatif singkat tapi dengan hasil yang lebih memuaskan. Sebagai contoh TEKNIK PENYEBARAN WAKTU mengajarkan bahwa lebih baik kamu belajar 3 kali 1 jam daripada 1 kali dalam 3 jam.

7. Pelajarilah Teknik Membaca Cepat
Ini agar kamu bisa membaca dengan kecepatan tinggi dan dengan pemahaman yang tinggi pula. Ini adalah kemampuan vital bagi kamu yang hidup di era informasi. Dengan daya tersebut informasi yang deras tidak akan menenggelamkanmu, tapi justru melejitkan prestasimu untuk meraih keberhasilan.

8. Pelajarilah Teknik Mengingat.
Baik dari buku atau mereka yang sudah menguasainya. Dengan kemampuan ini daya ingatmu akan dipertajam sehingga kamu bisa mengingat materi pelajaran dengan cepat dan akurat. Banyak teknik mengngat yang sudah teruji dan praktis yang dapat dipelajari untuk meningkatkan daya ingat, daya kosentrasi dan memacu potensi belajar.

9. Pelajarilah Teknik Menulis.
Dengan kemampuan ini kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan tulis menulis secar sistematis dan mudah dipahami, baik berupa laporan, paper, presentasi atau skripsi. Keahlian menulis sangat diperlukan di dunia kerja dan juga akan memungkinkan kamu menjadi penulis buku, penulis artikel di media cetak, dan sebagainya.

10. Pelajarilah Cara Berpikir yang Logis, Rasional dan Objektif.
Meskipun pikiran kamu lebih hebat daripada komputer, baru sebagian kecil yang kamu pergunakan. Berkat jasa para ilmuwan, sekarang otak kamu bisa dilatih untuk memacu potensimu yang luarbiasa sehingga kamu bisa berprestasi dalam studi dan sukses dalam hidup.

Tidak ada komentar: