Kamis, 16 April 2009

Berjiwa Pemenang :

1. Sadarilah kamu dilahirkan di dunia memiliki potensi yang besar untuk menjadi seorang pemenang dalam hidup.
Kamu punya seperangkat perlengkapan hidup yang sangat hebat berupa pikiran, kehendak bebas dan hati nurani. Pergunakanlah secara optimal.

2. Ingatlah selalu bahwa menjadi pemenang tidak berarti selalu menang, tapi tenang ketika mengalami kegagalan dan tidak panik ketika mengalami kekalahan.
Bagi seorang pemenang, kekalahan hanya sementara dan kegagalan hanyalah keberhasilan yang tertunda.

3. Pemenang dalam hidup adalah pribadi yang berani menghadapi kehidupan, tidak gentar menghadapi rintangan, tidak takut menghadapi kesulitan, tidak bergantung situasi, dan tidak dikalahkan oleh hal-hal negatif.



4. Jadikan orang lain sebagai motivator, guru dan cermin yang baik.
Belajarlah dari keberhasilan dan kegagalan mereka. Jangan sombong kamu lebih hebat dalam beberapa bidang dibandingkan dengan orang lain, dan jangan berkecil hati kalau kamu tidak segemilang mereka dalam bidang lainnya.

5. Berani mengambil resiko.
Karena banyak hal berharga dalam hidup ini yang harus diraih dengan keberanian. Kalau semua faktor sudah diperhitungkan, lakukanlah apapun yang dapat meningkatkan kualitas hidupmu.

6. Berpikirlah sebagai seorang pemenang.
Pikiran adalah potensi dan kekuatanmu yang bisa membangun atau merusak hidupmu tergantung bagaimana kamu mengarahkannya. Arahkanlah selalu pikiranmu untuk memikirkan hal-hal yang mulia, benar, adil, penting dan membahagiakan.

7. Berkatalah sebagai seorang pemenang.
Jadikanlah kata-kata positifmu sebagai alat untuk memperkuat jiwamu bukan untuk melemahkan. Lebih baik kamu berkata “ Aku akan segera sembuh” daripada “Aku sudah bosan berobat tetapi tidak ada hasil” Atau “kalau hari ini aku tidak beruntung, masih ada hari esok” lebih baik daripada “Aku memang sial hari ini!”.

8. Bersikaplah sebagai seorang pemenang.
Seorang pemenang akan bersikap aktif dan tidak pasif, rajin dan tidak malas, ulet dan tidak mudah menyerah. Jujur dan tidak bohong. Bila setiap hari kamu bertindak sebagai pemenang, kamu betul-betul melatih otot-otot jiwa menjadi otot seorang pemenang. Jangan biarkan jiwamu menjadi lemah sehingga kamu selalu mengalami kekalahan. Berusahalah terus untuk mengembangkan sifat-sifat seorang pemenang seperti rendah hati, berani, berjiwa besar, tekun, rajin dan sebagainya. Hindarilah sifat-sifat pengecut, seperti menyalahkan orang lain, egois, iri hati, sombong, mencari perhatian dan sebagainya.

9. Bertekunlah untuk meraih apa yang kamu inginkan.
Jangan mudah kecewa dan putus asa ketika menghadapi hambatan . Jangan pernah menyerah dalam keadaan apapun. Orang-orang besar sepanjang sejarah telah membuktikan bahwa banyak hal yang sulit dan tampak tidak mungkin bisa didobrak oleh ketekunan.

10. Hargailah dirimu.
Perhatikanlah sikap, ucapan dan penampilanmu. Hanya setelah kamu bisa menghargai diri sendiri, kamu akan bisa menghargai orang lain. Dan ketika kamu menghargai orang lain, merekapun akan menghargaimu.

11. Berusahalah untuk mengendalikan dirimu.
Jadilah pemenang atas diri sendiri, maka kamu akan lebih mudah menjadi pemenang dalam lingkup yang lebih luas. Sebagai contoh, jujurlah pada diri sendiri, kendalikanlah emosi, bersikaplah tenang, dan berdisiplinlah.

12. Beranilah mengalah untuk menang.
Seorang pemenang tidak akan ngotot memenangkan perdebatan dan pertengkaran. Hanya orang berjiwa pengecut yang ingin memuaskan harga dirinya dengan kemenangan yang semu .


13. Beranilah untuk berubah
Hidup yang berkemenangan ditandai dengan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, lebih menyenangkan dan lebih berhasil. Jangan mengharapkan situasi atau orang lain yang akan mengubah hidupmu. Kamu sendiri yang bertanggungjawab memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidupmu.
.
14. Bergembiralah atas setiap kemenangan yang kamu raih.
Ketika kamu berhasil melakukan apa yang sudah kamu rencanakan, ketika kamu berhasil mendisiplin diri, ketika kamu berhasil menyelesaikan konflik dengan baik, ketika kamu tidak lagi membohongi orang lain, dan sebagainya. Teruskanlah usahamu untuk menjadi pemenang dan nikmatilah banyak kejutan meyenangkan sepanjang hidupmu.

Tidak ada komentar: